Tata cara pembelian barang keluar negeri
Saya akan menjelaskan cara pelaksanaan pembelian barang keluar negeri namun menggunakan cara yang sederhana dan tidak menggunakan LC.
Saya akan menjelaskan cara pelaksanaan pembelian barang keluar negeri namun menggunakan cara yang sederhana dan tidak menggunakan LC.
Tahap pertama
Setelah barang yang ditawarkan atau yang dicari sesuai denga keinginan maka kia akan mengeluarkan Purchase Order kepada supplier kita diluar negeri.
Tahap kedua
Supplier kita kemudian akan mengirimkan Proforma Invoice sesuai dengan Purchase Order yang kita kirimkan. Pada dasarnya Proforma Invoice ini hanya merupakan konfirmasi atas pesanan barang kita. Dalam proforma invoice ini mereka akan mencantumkan no rekening untuk penerimaan pembayaran.
Tahap ketiga
Setelah kita menerima proforna invoice dan telah sesuai dengan purchase order kita, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran pada bank penerima pembayaran sesuai dengan yang tercantum dalam proforma invoice. Dalam tahap pembayaran ini kita akan membayar sesuai denagn jumlah yang tercantum dalam proforma invoice (akan termasuk biaya pengiriman dan pajak). Namun jangan lupa untuk menuliskan selengkap lengkapnya data penerima pembayaran termasuk swif code, alamat bank dan alamat perusahaan.Atau kita bias berikan copy proforma untuk pihak bank.
Tahap ke empat
Tahap ini merupakan tahapan konfirmasi bahwa kita telah melakukan pembayaran atas PO yang kita kirimkan. Dan selanjutnya adalah tahap penjadwalan pengiriman sesuai kesepakatan sebelumnya.
0 komentar:
Posting Komentar